Wednesday, December 29, 2010

Idul Fitri di Indonesia

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Oleh sebab itu nafas Islam tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari penduduknya. Ini dapat dilihat dari betapa meriahnya perayaan hari raya umat Islam di Indonesia. Idul Fitri merupakan hari raya terbesar umat Islam di Indonesia yang dirayakan secara meriah tiap tahunnya pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Pada hari yang fitri ini digunakan oleh umat muslim untuk berkumpul bersama keluarga dan saling bermaaf-maafan.

Dua minggu sebelum Idul Fitri, umat muslim biasanya sudah mulai sibuk menyiapkan perayaan Idul Fitri. Kegiatan yang paling mencolok pada saat ini adalah "mudik" atau "pulang kampung". Umat muslim yang ada di perantauan sebisa mungkin mencari cara agar dapat merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. Biasanya pulang kampung juga difasilitasi oleh pemerintah dengan menyediakan berbagai program seperti mudik bareng ataupun pos-pos pengamanan di sepanjang jalan yang dilalui oleh pemudik.

Sesampainya di kampung halaman umat muslim dengan mengenakan baju muslim mengunjungi sanak saudara yang sudah lama tidak bertemu. Mereka saling bersilaturahmi dengan mengucapkan "maaf lahir dan bathin". Para orang tua biasanya memberikan uang kepada anak-anaknya sebagai uang hari raya. Berbagai macam hidangan disediakan pada hari Idul Fitri sebagai rasa syukur telah berhasil menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Sehari sebelum Idul Fitri diteriakkan takbir di mesjid ataupun mushala, yang mengungkapkan kemenangan dan kebesaran tuhan. Pada malam hari sebelum Idul Fitri biasanya juga ditandai dengan pawai obor yang dilakukan mengelilingi kampung. Di pagi Idul Fitri setelah mandi dan bersih, umat muslim mengenakan baju muslim barunya. Orang tua dan laki-laki melakukan salat Ied di mesjid ataupun lapangan terbuka. Setelah itu mereka mengunjungi sanak saudara ataupun berziarah ke makam anggota keluarganya. Tidak lupa umat muslim juga menggunakan kesempatan ini untuk mendistribusikan zakat kepada kaum miskin atau yang tidak mampu sehingga mereka pun dapat merayakan Idul Fitri dengan bahagia.

2 comments:

  1. "mampir dan konfirmasi"
    saya datang negri seberang sana.
    untuk konfirmasi aja. kalo link blog ini udah aku pasang diblog ku "di widget blogroll pertama" halaman depan.
    klo berkenan mampir ya liat2 and jangan lupa add link blog ku juga disini ya?
    http://idcreativity.blogspot.com/
    makasih sob.
    maju blogger indonesia.

    ReplyDelete